Friday, December 18, 2015

Tips Mengatasi Penyakit Saat Musim Hujan

Yo... Saat ini di daerah Ts lagi musim Hujan nih gaes dingin banget :'v kebetulan juga mau akhir tahun 2015 dan ane masih jomblo :'v pfftt
ane mau share mengatasi penyakit saat musim hujan kek gini cekidot

Sebenarnya hujan akan memberikan kesegaran dan kesejukan untuk lingkungan, tetapi yang akan saya bahas pada kali ini adalah bagaimana antisipasi jika kita memasuki musim penghujan, dimana kita akan beralih menuju suhu udara yang lebih dingin dari biasanya.

Hujan yang terus-menerus dalam jumlah yang besar, juga bisa beresiko terjadinya banjir, yang semakin membuat penyakit lebih “merajalela” untuk menyerang manusia.  Entah itu penyakit seperti flu, diare, bahkan yang paling parah yaitu demam berdarah.

Untuk itu benar-benar kita harus bisa menjaga kesehatan tubuh, terutama di musim hujan yang cuacanya sangat dingin. Saya menjelaskan tentang beberapa penyakit “langganan” di musim hujan yang telah disebutkan sebelumnya.

Flu / influenza

Penyebaran virus influenza sangat sering melalui kontak langsung dengan objek yang disana terdapat virus influenza. Untuk itu sangat disarankan membiasakan diri ketika ingin makan, cuci terlebih dahulu tangan kita, sebenarnya cukup dengan menggunakan air yang bersih.

Tetapi jika tangan sangat kotor, maka bisa menggunakan sabun. Hal lainnya yang perlu mendapat perhatikan adalah menghindari tangan terlalu sering untuk memegang bagian tubuh seperti mata, hidung, dan mulut, karena virus influenza masuk melalui bagian tubuh tersebut.

Kemudian juga tetap makan-makanan yang bergizi, seperti buah dan sayur-sayuran, sehingga nantinya tubuh kita akan siap untuk menghadapi cuaca yang ekstrim  

Diare

Penyakit diare disebabkan karena makhluk seperti parasit cacing dan amuba yang bisa masuk melakukan kulit, sehingga setiap orang akan sangat rentan untuk terkena penyakit diare. Ada beberapa tips yang perlu dijalankan untuk mengatasi penyebaran penyakit diare.
  • Yang pertama yaitu menjaga kebersihan lingkungan, terutama perlu menjaga kebersihan selokan, karena ketika air selokan meluap akan membawa berbagai penyakit, untuk itu biasakan untuk membuang sampah pada tempatnya, jangan membuang sampah pada selokan yang disana terdapat air.
  • Kemudian biasakan juga untuk mencuci tangan dan kaki.
  • Menggunakan  alas kaki untuk mencegah masuknya kotoran dan parasit melalui kulit.
  • Hal lainnya yaitu selalu untuk menyediakan oralit di rumah, sehingga ketika terserang diare (semoga kita tidak mengalaminya), maka bisa langsung mengobati dengan oralit.

Demam berdarah

Diantara kedua penyakit pada musim hujan seperti yang disebutkan diatas (flu dan diare), penyakit demam berdarah merupakan yang paling berbahaya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencegah dari penyebaran penyakit diare.
  • Yang pertama yaitu menjaga kebersihan di sekitar rumah, seperti membersihkan selokan dari berbagai sampah yang dibuang di selokan. Sehingga jangan buang sampah di selokan karena sangat berbahaya akibatnya.
  •  Tutup setiap air yang ditampung agar tidak menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk, terutama yang di kamar mandi.
  • Menyiangi kebun agar menghindari berkembang biaknya nyamuk aedes aegepti.

Adapun hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam menghadapi musim hujan adalah menyediakan payung, jas hujan, maupun jaket. Sehingga kita akan bisa terlindungi dalam melakukan aktivitas di luar rumah.

Kemudian hindari juga melakukan aktifitas yang terlalu berat, kemudian juga minum yang cukup, terutama minuman yang hangat, entah itu air putih hangat maupun teh hangat . Jika Anda terkena penyakit gula, maka lebih baik pilih air putih hangat.

Demikian saja tips-tips yang saya dalam mencegah timbulnya penyakit pada musim hujan yang dingin, semoga bermanfaat.

Gimana sangat bermanfaatkan :D 

Orang baik selalu berkomentar :D!!

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home