Saturday, March 18, 2017

Paradox Paling Terkenal di Dunia Yang Membuat Otak Kita Pusing

Paradox Terkenal Yang Membuat Otak Kita Pusing




Seperti yang kita ketahui manusia adalah mahkluk yang paling cerdas dimuka bumi ini,sejak dari kecil kita diberkahi oleh  rasa berfikir  dan keingintahuan yang tinggi yang mendorong kita untuk berfikir semakin cerdas.Mungkin diantara kalian ada yang menyukai teka-teki atau riddle untuk melatih kemampuan otak kritis kita.Tetapi apakah kalian tahu ternyata ada yang lebih sulit dari riddle yaitu paradox.Bagi kalian yang belum mengetahui paradox saya akan memberi penjelasan sedikit.Paradox adalah suatu situasi atau kondisi yang muncul dari sejumlah premis.Apa itu premis?premis adalah landasan kesimpulan ,pemikiran,dan asumsi dari kalimat atau proposisi yang dijadikan dasar dalam menarik kesimpulan di logika.Nahh..... kondisi yang muncul dari sejumlah premis ini diakui kebenaranya tapi bertolak belakang dari suatu pernyataan yang akan menghasilkan suatu konfil atau kontradiksi.Simpelnya paradox adalah suatu kondisi atau situasi yang bertentangan dengan akal sehat tapi sejalan dengan akal sehat,bingung kan ...... :v
inilah beberapa paradox yang terkenal didunia:


1.Grandfather Paradox


Grandfather paradox adalah sebuah paradox waktu yang terkenal ,paradox ini bunyinya seperti berikut "jika saja kalian bisa pergi ke masa lalu dan kemudian membunuh kakek kalian, apa yang akan terjadi?".Mungkin jawaban simpelnya ya biasa saja ,pasti kakek bakalan mati.Tetapi apakah kalian tahu atas jawaban dari kondisi tersebut tidak sesimpel itu.Jika saja kamu membunuh kakekmu, otomatis orangtuamu tidak akan pernah terlahir didunia dan itu berarti kamu juga tidak akan terlahir didunia ini.Jadi pasti kalian tidak akan membunuh kakek kalian sendiri.Terus bagaimanakah bisa terjadi kondisi kamu membunuh kakekmu ,sedangkan jika kamu membunuh kakekmu kamu tidak ada?.



2.Barbershop Paradox(Paradox Tukang Cukur)


Di suatu kerajaan hanyalah ada satu orang tukang cukur  rambut ,dan didaerah tersebut terdapat aturan-aturan yang harus ditaati mengenai peraturan mencukur rambut.Peraturanya yaitu :
1.Semua warga harus mencukur rambutnya
2.Semua warga tidak diperbolekan mencukur rambutnya di kerajaan lain
3.Semua warga harus mencukur rambutnya di tukang cukur 
4.Tukang cukur hanya mencukur seseorang yang tidak mencukur rambutnya sendiri

Pertanyaanya yaitu,siapa yang akan mencukur rambut si tukang cukur tersebut sedangkan pada peraturan yang kedua  semua warga kerajaan tidak boleh mencukur rambut dikerajaan lain dan pada peraturan nomor tiga semua warga harus mencukur rambutnya di tukang cukur sedangkan cuma ada satu tukang cukur di kerajaan tersebut kalau tukang cukur mencukur rambutnya sendiri maka tukang cukur itu telah melanggar peraturan nomor empat yaitu tukang cukur hanya mencukur orang yang tidak mencukur rambutnya sendiri.Lalu siapakah yang mencukur rambut tukang cukur tersebut?



3.Unstoppable Force Paradox 



Paradox ini juga dikenal dengan Spear and Shield paradox,yang pertanyaanya yaitu:Apa yang terjadi  ketika sebuah benda bergerak yang tidak bisa berhenti bertemu dengan sebuah benda yang tidak bisa digerakkan sama sekali?.Apakah kedua benda tersebut berhenti ?ataukah kedua benda tersebut bergerak ?Atau juga kedua gaya benda tersebut saling bertukar?.


4.Omnipotence Paradox


Paradox ini adalah paradox yang sangat mengerikan dan paling kontroversional dan mesti kuat iman dalam menghadapi paradox ini .Riddlenya adalah Tuhan itu Maha Kuasa apapun pasti bisa dilakukan dan bisa diciptakan .Pertanyaanya apakah  Tuhan bisa menciptakan batu raksasa yang  Tuhan sendiri tidak bisa mengangkatnya ?.Paradox ini adalah paradox yang biasa digunakan para atheis untuk beradu debat dengan theis atau orang yang percaya adanya Tuhan dengan  tujuan membuat bingung atau membelokan keyakinan orang tersebut.Sedikit ironi,karena pencipta paradox ini adalah adalah seorang filsafat agamawan  yaitu Averroes atau yang dikenal Ibn Rushd.Dua premis dalam paradox ini "bisakah tuhan menciotakan batu tersebut?"karena Tuhan Maha Kuasa pasti bisa ,tapi jika Tuhan bisa menciptakan batu tersebut dan tidak bisa diangkat maka ada yang tidak bisa dilakukan oleh Tuhan sekaligus mematahkan premis pertama yaitu kemahakuasaan .paradox ini jawabanya tidak akan bisa diitemukan dilogika kita .



5.Sexual Paradox 




Sexual Paradox ,contoh dari paradox ini: jika Budi pergi ke masa lalu dan bertemu dengan ibunya yang masih gadis dan perawan ting-ting,kemudian Budi jatuh cinta dan akhirnya menikahi ibunya yang masih gadis itu  yang akhirnya mempunya anak .Siapakah anak itu? Budi sendirikah anak itu? atau mungkin Budi mengayahi dirinya sendiri?.Tentang paradox ini referensinya bisa kalian tonton di film Back To the Future yang dimana Martin kembali ke masa lalu yang bertemu ibunya yang jatuh cinta padanya.Contoh sexual paradox yang lebih aneh lagi seorang ilmuwan kembali ke masa lalu yang bertemu seorang wanita cantik dan akhirnya mereka menikah.Tetapi setelah beberapa lama ilmuwan itu mengetahui ternyata wanita itu adalah seorang transgender yang dulunya adalah seorang laki-laki namun ternyata diketahui lagi ternyata wanita tersebut adalh ilmuwan itu sendiri yang datang dari masa depan dan bertransgender .Ini artinya dia melakukan hubungan sex dengan dirinya sendiri .Pertanyaanya bagaimana jika dia akhirnya mempunyai anak?dan misalnya anak ini kembali ke masa lalu dan menjadi ilmuwan itu sendiri dan memulai semuanya lagi yaitu ilmuwan kembali ke masa lalu dan bertemu sorang gadis yng ternyata adalah dirinya sendiri yang berganti kelamin.Jadi sang ilmuwan itu sendiri berperan sbagai ayah,ibu dan anak dari ilmuwan itu sendiri .




Itulah beberapa paradox yang cukup terkenal didunia.Pembaca yang baik adalah yang mau meninggalkan jejaknya dengan cara komen sopan dan santun. :)










Labels:

19 Comments:

At March 18, 2017 at 11:54 PM , Blogger Unknown said...

Mantap Mudah Dipahami Apalagi Ada Gambarnya Makin Jelas Cuiy :) Thanks

 
At March 18, 2017 at 11:54 PM , Blogger Unknown said...

wah bagus gan artikelnya sangat bermanfaat

 
At March 19, 2017 at 12:01 AM , Blogger Unknown said...

mantap gan wkakaka

 
At March 19, 2017 at 12:08 AM , Blogger Agusti Lasedayu Putra said...

Grandfather paradox. sya pernah kaya gitu. mikir dulu gimana kalo sya nggk melihat naruto, apa saya sekarang masih bisa seneng anime apa saya bisa suka dengan yang berbau anime. dan apa say apa saya. banyak lah :D

 
At March 19, 2017 at 12:18 AM , Blogger Wahyu Diatmika said...

Wahh keren semuanya gan heheh

 
At March 19, 2017 at 12:27 AM , Blogger Alfayed Dennita said...

Banyak juga jenis paradox-paradoxnya, jadi lebih paham lagi tentang paradox.

 
At March 19, 2017 at 12:28 AM , Blogger Faidlul In'am said...

Iya sih aneh

 
At March 19, 2017 at 12:41 AM , Blogger Rian Taufik said...

Agak pusing juga memahaminya.. tapi nice info lah

 
At March 19, 2017 at 12:41 AM , Blogger Martinus Rombe said...

ijin sedot

 
At March 19, 2017 at 12:46 AM , Blogger Bloggerphobia said...

sexual paradox itu yang paling membingungkan

 
At March 19, 2017 at 1:06 AM , Blogger Tomispeed said...

This comment has been removed by the author.

 
At March 19, 2017 at 1:06 AM , Blogger Tomispeed said...

This comment has been removed by the author.

 
At March 19, 2017 at 1:40 AM , Blogger Unknown said...

sangat berguna bang

 
At March 19, 2017 at 2:05 AM , Blogger 0 said...

Sangat bermanfaat gan

 
At March 19, 2017 at 2:10 AM , Blogger Andi Wahyudi said...

Hahaha artikel yang ini unik gan. Nah saya masih bingung kira2 apa ya jawaban untuk paradox nomer 2 di atas? Siapa yang mencukur rambut si tukang cukur?

 
At March 19, 2017 at 2:14 AM , Blogger Unknown said...

mantap nih benar2 membuat pusing gan paradoxnya

 
At March 19, 2017 at 2:18 AM , Blogger Unknown said...

aduh gw malah pusing sendiri emang paradox beneran ada ya?

 
At March 22, 2017 at 8:00 AM , Blogger Unknown said...

sip gan

 
At March 24, 2017 at 6:46 PM , Blogger Unknown said...

Wahh pusing pala ane. Yang bisa mecahin hebat nih

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home