Sunday, March 26, 2017

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan dan Pengobatan Penyakit

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan dan Pengobatan Penyakit

Manfaat buah pisang memang sudah tidak perlu diragukan lagi selain rasanya yang enak buah pisang juga mengandung banyak gizi yang baik bagi tubuh kita.Tidak heran pasti pohon pisang banyak dijumpai diberbagai tempat.Setiap kebun setidaknya mempunyai 1 pohon pisang bahkan lebih.Pisang adalah buah berbentuk melengkung ang banyak dikonsumsi oleh lebih dari 107 negara didunia.
Manfaat keseatan dari mengkonsumsi bua pisang yaitu menurunkan risiko dari penyakit kanker,asma,neurunkan darah dan menjaga kesehatan jantung,adapun rincian gizi dari buah pisang yaitu pisang berukuran sedang (sekitar 126 gram)  satu porsi. Satu porsi pisang mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein.Tak hanya itu, pisang juga menyediakan berbagai vitamin dan mineral :

-Vitamin B6 – 0,5 mg

-Mangan – 0,3 mg

-Vitamin C – 9 mg
-Kalium – 450 mg
-Serat – 3g
-Protein – 1 g
-Magnesium – 34 mg
-Folat – 25.0 mcg
-Riboflavin – 0,1 mg
-Niacin – 0,8 mg
-Vitamin A – 81 IU
-Besi – 0,3 mg

Asupan pisang bagi   orang dewasa yang direkomendasikan sebesar 4700 miligram per hari.

1.Pisang Mampu Melancarka Perdaran Darah
     Pisang mempunyai kandungan potasium yang baik bagi tubuh manusia yang berguna melancarkan peredaran darah.Kandungan kalium pada pisang membantu mengatur tekanan darah jadi dengan kita memakan pisang tekanan darah kita akan terus terjaga dengan normal dan membuat kita terhindar dari penyakit stroke dan gejala penyakit jantung.



2.Membantu Pencernaan Pada Usus

      Pisang mempunyai kandungan serat yang tinggi yang membantu kita terhindar dari sembelit,tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan dengan pisang kta bisa memperlancar usus kita.Jika dipadukan dengan susu pisang bisa membantu mencegah penyakit kanker pada usus seperti gejala kanker usus besar.Pisang juga berguna untuk menahan proses inflamasi karena proses tersebut bisa dipercepa dengan vitamin c dari buah pisang.




3.Menjaga Kesehatan Mata


      Dalam buah pisang terdapat vitamin A yang larut dalam lemak dan berguna penting untuk melindungi mata.Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen yang membawa cahaya ke kornea,Kandungan vitamin A pada buah pisang mengurangi risiko kebutaan dan berguna untuk penglihatan sehari-hari.Untuk wanita membutuhkan 700 mikro gram vitamin A setiap hari, sedangkan pada pria membutuhkan 900 mikro gram Satu pisang sebesar 6 inci, memiliki hampir 10 mikro gram vitamin A. Pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A untuk lebih menjaga kesehatan mata.




4.Menormalkan Fungsi Jantung

      Memakan buah pisang setiap hari, akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung kita. Pisang kaya mineral yang disebut elektrolit kalium. Ketika kalium masuk ke dalam tubuh kita, akan langsung masuk ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel.
Proses tersebut terus mengalir di seluruh sistem tubuh, yang dibutuhkan untuk membuat jantung tetap berdetak. Pada kasus kekurangan kalium yang parah, nada detak jantung mungkin menjadi tidak teratur, yang dapat mematikan dan berkemungkinan besar akan mengalami kematian




5.Mengurangi Risiko Anemia,Asma,Lever,Diabetes,dan Diare
      Dalam buah Pisang mengandung  FE ( zat besi)  menjadikan buah ini baik dikonsumsi untuk penderita kurang darah. Konsumsi 2 buah pisang perhari, mampu mengobati anemia.Sebuah studi dilakukan oleh Imperial College London yang berhasil menemukan bahwa anak-anak yang memaakan satu buah pisang per hari memiliki peluang 34% lebih kecil untuk mengalami asma.Buah pisang yang dicampur dengan madu, memberikan stimulan untuk nafsu makan bagi penderita lever.Penelitian telah menemukan hasil bahwa diabetes tipe 1, yang menkonsumsi diet tinggi serat mempunyai kadar glukosa darah dan meningkatkan lipid dan insulin. Satu pisang ukuran sedang menyediakan hanay 3 gram serat. Pisang, direkomendasikan untuk perawatan diare diakrenakan Elektrolit seperti kalium banyak terkandung dalam buah pisang untuk mengganti kehilangan dalam jumlah besar selama masa diare,dengan memakan pisang mampu mengurangi tubuh lemah ketika diare.





Itulah sedikit ulasan manfaat mengenai pisang,sebenarnya pisang masih mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita,Saya berharap setelah membaca artikel ini kalian akan selalu mengkonsusmsi pisang karena sudah tahu manfaatnya.Saya berhara kalian mau memberi kritik maupun saran untuk artikel ini dengan cara komen sopan da santun..


Labels: , ,

9 Comments:

At March 27, 2017 at 2:47 AM , Blogger Unknown said...

baru tau manfaatnya

 
At April 1, 2017 at 3:27 AM , Blogger Yudhistira Mawardi said...

manfaat mah belakangan, asal kenyang dulu makan pisangnya gan.

 
At April 2, 2017 at 1:56 AM , Blogger Rrythien said...

gan ada pertanyaanlah.
kenapa olahragawan terutama atlet sepakbola sering banget kedapatan lagi konsumsi pisang pas bertanding.
itu kenapa ya?

 
At April 7, 2017 at 2:44 PM , Blogger Antapedia said...

yang paling saya rasakan saat makan buah pisang ini memang menlancarkan pencernaan, dan rata anak bayi juga diberikan pisang saat makanan lain belum boleh dimakan, mungkin karena pisang ini kaya dengan berbagai vitamin dan tentunya rasanya yang enak.

 
At April 7, 2017 at 4:17 PM , Blogger Asmirizani said...

Buah pisang memang banyak manfaatnya, seingat saya bagus untuk pencernaan. Sekarang buah pisang sudah diolah menjadi makanan yang bervariasi

 
At April 7, 2017 at 5:28 PM , Blogger Admin said...

Buah pisang selain enak rasanya juga kaya akan manfaat. Thanks gan

 
At April 8, 2017 at 5:08 AM , Blogger M. Syahri said...

Banyak juga ya manfaat si kuning ini. Udah enak bikin kenyang bermanfaat pula. mantap deh. Dan katanya makan pisang secara langsung lebih baik daripada makan pisang digoreng ya gan.

 
At April 8, 2017 at 6:09 AM , Blogger Kak Boy said...

Ternyata buah pisang kaya akan manfaatnya ya...baru tau saya..artikelnya menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang kesehatan..
Thanks gan :D
Ditunggu artikel selanjutnya yang lebih menarik dan lebih menambah wawasan :D

 
At April 8, 2017 at 11:44 AM , Blogger Unknown said...

saya sangat suka buah pisang karena selain murah juga enak, tapi baru tau ternyata manfaatnya sangat luar biasa ya. bisa jadi motivasi terus ni biar makin rajin makan pisang

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home