Sunday, December 20, 2015

Manfaat Biji Salak Sbagai Bahan Baku Kopi



Kebetulan nih pas makan buah salak kepikiran ni pos ane pun juga searching di google ternyata berguna biji buah salak ni so jadi kalian kalo punya biji :v

biji salak maksudnya kumpulin aja .Ah kebanyakan cincong langsung aja

Di Daerah Tapanuli Selatan sejak dahulu terkenal sebagai sentra penghasil buah salak terbesar untuk wilayah Sumatera Utara. Penduduk di sana sudah lama mengambil manfaat biji salak ini untuk diolah menjadi kopi biji salak yang nikmat. Asal mula kopi biji salak ini tepatnya di Desa Parsalakan, Kecamatan Angkola Barat, Tapanuli Selatan. Di wilayah ini tersebar usaha rumahan yang mengolah berkarung karung biji salak menjadi minuman kopi dengan rasa yang khas .

Biji biji salak itu sebelumnya dijemur dan disimpan di sebuah ruangan sebelum diproses jadi serbuk kopi. Biji-biji salak yang diproses itu adalah biji salak khusus yang dihasilkan dari tanaman salak di daerah itu. Sesudah seminggu dikeringkan, biji-biji tersebut kemudian disangrai memakai satu kuali besar. Tahap berikutnya sesudah seluruh biji biji salak itu terlihat menghitam maka segera dihaluskan dengan cara ditumbuk menggunakan alat penumbuk dari batu. Sesudah 1 jam ditumbuk, maka biji biji salak itu pun berubah menjadi serbuk. Pada proses penggilingan awal akan didapatkan bubuk kopi yang masih kasar. Serbuk kopi biji salak yang masih terasa kasar itu dihaluskan lagi dengan cara diblender dan kemudian diayak. Hasil ayakan itulah yang kemudian digunakan sebagai bahan seduhan kopi. Bubuk kopi biji salak selanjutnya siap untuk dikemas. Kopi biji salak saat ini sudah banyak ditemui di toko swalayan di Tapanuli dan biasanya dibanderol dengan harga berkisar lima puluh ribu rupiah tiap bungkusnya.


Lain dibanding kopi umumnya, aroma kopi biji salak ini sangat unik dan masih ada aroma buah salak. Manfaat biji salak dalam bentuk kopi ini dipercaya dapat mengobati penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi dan juga menurunkan kadar asam urat. Walaupun di daerah lain belum banyak yang mengkonsumsinya namun tidak ada salahnya jika anda mencobanya lebih dulu.


Kita sekarang jadi tahu manfaat biji salak sebagai bahan pembuatan kopi. Ini tentu dapat menjadi alternatif minum kopi bagi para pecinta kopi. Selain nikmat,kopi biji salak pun memberikan manfaat bagi kesehatan.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home